Brilio.net - Memotret sudah nggak bisa dipisahkan lagi dari traveling atau jalan-jalan outdoor. Sekarang berbekal smartphone, kamu bisa mendapatkan foto dengan kualitas mengalahkan kamera DSLR atau mirrorless. Terlebih, ukuran kompak smartphone membuatnya jadi gadget pilihan untuk dibawa jalan-jalan atau traveling ke destinasi favorit.

Sudah nggak zamannya lagi kelelahan traveling karena membawa perangkat kamera yang berat. Smartphone kini sudah canggih dan dibekali dengan berbagai fitur pintar yang bisa kamu bawa kemana-mana di genggaman tanganmu. Setiap momen dan pemandangan alam luar biasa pasti bisa terabadikan secara maksimal.

Supaya kamu mendapatkan hasil foto outdoor yang baik dengan hasil keren, tentu perlu mengetahui triknya. Mudah, kamu bisa langsung mempraktekkannya ketika traveling.

Yuk simak 6 trik hasilkan foto outdoor estetik pakai smartphone seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (22/4).

1. Jangan gunakan flash.

Loading...

oppokamera istimewafoto: shutterstock.com

Menggunakan flash sangat membantu dalam kondisi yang minim cahaya. Tapi sayangnya, penggunaan yang tidak tepat terkadang malah merusak  foto karena tingkat kecerahan (exposure) yang tidak merata. Pernahkan kamu melihat hasil foto di mana subjek memiliki mata merah tajam ataupun efek gerakan yang blur? Hal itu diakibatkan oleh penggunaan flash yang berlebihan.

Untuk menghasilkan foto yang estetik, pencahayaan alami seperti lampu atau matahari jauh lebih baik ketimbang cahaya flash. Sebaiknya gunakan flash hanya ketika objek yang diinginkan dalam keadaan minim cahaya.

2. Hindari penggunaan zoom.

oppokamera istimewafoto: shutterstock.com

Salah satu keterbatasan memotret dengan smartphone adalah ketajaman gambar. Ketika kamu menggunakan fitur zoom, ketajaman foto akan cenderung berkurang dan menurunkan kualitas gambar. Hasilnya akan tampak buram dan pecah.

Untuk menghasilkan foto outdoor yang estetik, sebaiknya hindari penggunaan zoom. Salah satu alternatifnya, mendekatlah ke objek foto atau mengambil foto close up. Dengan memposisikan kamera dekat dengan objek foto, kamu bisa bermain dengan efek bokeh. Hasilnya, background foto akan terlihat blur sedangkan objek foto tetap tajam.

3. Atur fokus kamera.

oppokamera istimewafoto:  shutterstock.com

Ketika mengambil gambar, penting untuk memastikan subjek mendapatkan fokus yang sempurna. Tapi terkadang saat mengatur fokus kamera, kamu akan kesulitan melihat layar smartphone cahaya matahari yang kuat.

Nah, permasalahan ini nggak akan kamu alami lagi dengan fitur Sunlight Screen dari Oppo A54. Saat berada di bawah sinar matahari, kecerahan layar meningkat 14,5% secara otomatis hingga 550 nits. Kamu tak perlu lagi menghalangi cahaya matahari dengan tangan saat melihat layar.

Sebaliknya, layar smartphone ini juga disematkan fitur Moonlight Screen yang secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nits di lingkungan rendah cahaya. Memotret saat malam hari tak akan menyilaukan mata dengan cahaya lembut dari layar Oppo A54.

oppokamera istimewafoto: Oppo Indonesia

Nggak hanya itu, Oppo A54 masih punya banyak fitur menarik. Seperti AI Smart Backlight, yang dapat mempelajari kebiasaan pengguna dan menyesuaikan lampu latar dan merekam kecerahan yang disukai pengguna. Fitur ini dapat menyesuaikan secara otomatis kecerahan layar sesuai preferensi dan waktu yang dipelajari dari pengguna.

4. Gunakan smartphone tahan air.

oppokamera istimewafoto: Oppo Indonesia

Cuaca saat memotret outdoor tak bisa diprediksi. Oleh karena itu pastikan smartphone pilihanmu memiliki sertifikasi ketahanan air seperti Oppo A54. Dibandingkan dengan sertifikasi IPX2, OPPO menambahkan lapisan penahan air khusus dengan ketahanan yang cukup untuk penggunaan sehari-hari

Oppo A54 melewati tes rain of pipe-swing test selama 10 menit dan setelah 72 jam tidak ada kegagalan fungsi. Sukses melewati tes ini, Oppo A54 memenuhi persyaratan tahan air IPX4. Smartphone ini aman digunakan dalam kondisi gerimis sehari-hari tanpa perlu khawatir rusak.

Selain itu, A54 telah lulus 6 tes utama termasuk drop test, tahan air, radiasi, iklim, slight drop, dan sinyal. Perangkat juga melewati 50+ kontrol proses produksi, 130+ uji keandalan yang ketat, dan 320+ uji eksperimental. Untuk informasi lebih lanjut bisa kamu temukan di sini.

5. Atur eksposur secara manual.

oppokamera istimewafoto: shutterstock.com

Eksposure atau pencahayaan dalam foto bisa kamu mainkan untuk mendapatkan foto estetik. Kamu bisa mengubah parameter eksposure di mode pro dalam aplikasi kamera. Dengan mengatur eksposure secara manual, kamu bisa mendapatkan efek yang epik loh.

Misalnya, gunakan eksposure terang untuk memotret pemandangan pantai. Suasana ceria akan semakin terlihat ketika nuansa fotomu cerah. Sebaliknya saat memotret bintang atau momen berkemah, gunakan eksposure redup agar hasil foto terlihat syahdu dan memorable.

6. Pilih tempat teduh saat memotret.

oppokamera istimewafoto: shutterstock.com

Hindari backlight keras atau cahaya keras di background dengan memotret di tempat yang teduh. Cahaya yang terlalu terang malah bisa merusak komposisi foto. Posisikan subjek foto di tempat yang teduh dan menjauhi sumber cahaya terang seperti matahari. Kamu juga bisa bermain dengan bayangan tempat teduh tersebut demi efek estetik yang kreatif.