Brilio.net - Setelah meluncurkan Oppo A54 beberapa waktu lalu, Oppo Indonesia kembali merilis Seri A terbaru, Oppo A74. Digadang-gadang, smartphone anyar ini sangat bisa diandalkan sebagai perangkat gaming.

Maklum, A74 memboyong chipset Qualcomm Snapdragon 662 sehingga perangkat ini dapat menjalankan hampir sebagian besar mobile game dengan lancar, termasuk untuk berselancar di media sosial.   

Perangkat ini juga dilengkapi baterai besar 5000mAh dan pengisian cepat 33W yang dapat memberikan daya seharian. Selain itu perangkat ini juga memboyong beberapa teknologi yang dikembangkan untuk mendukung gaming, seperti kontrol CPU, kontrol panas, serta fitur-fitur yang membuat pengguna nyaman pada ColorOS 11.1.

Oppo A74 dirilis © 2021 brilio.netAryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia (@yans_brilio)

“Lini seri A telah dikenal sebagai smartphone yang mengombinasikan performa, teknologi, dan tren terkini secara berimbang. Selain itu, Oppo juga memperhatikan sisi desain perangkat yang tampil tipis, ringan, dan pilihan warna menarik agar A74 terlihat stylish,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Loading...

Nah seperti apa performa dan desain Oppo A74 yang diklaim dapat memenuhi kebutuhan pengguna muda dengan berbagai  fitur dan teknologi terdepan baik dalam menggunakan media sosial atau kebutuhan gaming? Berikut faktanya.

1. Smartphone gaming nih

Oppo A74 dirilis © 2021 brilio.net@yans_brilio 

Belakangan ini, Oppo menyajikan perangkat yang nyaman untuk bermain online game. Mengusung jargon Game for Everyone, Oppo A74 bisa diandalkan untuk menjalankan game dengan nyaman. Didukung prosesor yang mumpuni, perangkat ini dapat menjalankan hampir sebagian besar mobile game dengan lancar.

Terlebih perangkat ini juga memuat RAM 6GB LPDDR4X yang memberikan peningkatan performa 10 persren dari tipe sebelumnya. Nah unduhan game yang tergolong besar dapat ditampung melalui penyimpanan internal 128GB yang masih dapat diperluas dengan kartu MicroSD hingga 256GB.

2. Tenaga baterai mumpuni

Oppo A74 dirilis © 2021 brilio.netOppo Indonesia 

Bermain game dalam waktu yang cukup lama tentunya membutuhkan baterai yang besar. Karena itu pada perangkat ini disematkan baterai berdaya 5000mAh. Perangkat ini juga dilengkapi teknologi pengisian cepat 33W yang dapat mengisi daya perangkat secara penuh hanya dalam waktu 72 menit.

3. Layar yang memanjakan mata

Oppo A74 dirilis © 2021 brilio.net@yans_brilio 

Mengusung layar berukuran 6.43 inci tipe Amoled FHD+ serta dengan desain punch-hole, membuat pengguna punya pandangan luas saat menikmati konten mobile game maupun multimedia.  

Nah untuk memberikan kenyamanan mata, pada perangkat ini disematkan teknologi all-day eye care, yang sebelumnya ada di perangkat seri Reno5. Teknologi ini menawarkan kenyamanan bagi mata pengguna meski smartphone digunakan sepanjang hari, baik siang dan malam.

Selain itu ada juga fitur AI smart backlight yang akan menyesuaikan lampu latar secara otomatis dengan mempelajari kebiasaan pengguna dalam mengatur kecerahan lampu layar. Selain itu masih ada DC dimming yang akan mengontrol kecerahan dengan memvariasikan daya yang disuplai ke layar.

4. Memanjakan pengguna saat bermain game

Oppo A74 dirilis © 2021 brilio.netOppo Indonesia

Teknologi Hyper Boost pada aplikasi dan game pada perangkat ini merespons lebih cepat dan lancar. Teknologi ini dapat meningkatkan sensitivitas sentuhan dan daya tanggap game, sekaligus mengurangi jeda, meningkatkan frame rate, dan meningkatkan scene loading time. 

Pengguna juga dapat meningkatkan performa game favorit dengan memasukkannya ke dalam daftar di Game Space, yang akan membantu meningkatkan kinerja permainan.

Game Assistant memberi pengguna akses cepat ke pengaturan game dengan cara menarik ke atas sisi layar. Pengguna dapat memilih untuk memblokir gangguan, fokus sepenuhnya pada game yang berjalan dengan memblokir notifikasi dan panggilan melalui fitur Game Focus Mode, atau tetap merasa perlu menerima pesan penting. Sementara itu, Bullet Notifications akan menampilkan pesan dengan menggulirkan langsung pada layar permainan.

5. Peforma kamera yang mumpuni

Oppo A74 dirilis © 2021 brilio.net@yans_brilio 

Selain untuk gaming, Oppo A74 juga tetap memperhatikan performa kamera. Terbukti, perangkat ini memboyong tiga kamera belakang yang sudah dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) sehingga pengguna lebih kreatif dalam menangkap momen dan membagikannya. Pada perangkat ini disematkan kamera utama 48MP, kamera bokeh 2MP, dan kamera makro 2MP untuk menangkap detail yang lebih kecil. 

Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi AI Scene Enhancement yang dapat mengenali objek yang terlihat dengan cerdas. Fitur ini secara otomatis dapat menyesuaikan kondisi cahaya, warna dan kontras dalam setiap bidikan. Untuk kebutuhan fotografi malam hari, Oppo melengkapi perangkat ini dengan fitur Night Mode agar tetap bisa menangkap gambar jernih saat cahaya redup.

Sementara Kamera depan 16MP hadir dengan fitur AI Beautification yang memiliki kemampuan mengukur cahaya sekitar dan kemudian menerapkan efek pemercantik sesuai dengan warna kulit orang Indonesia. Fitur ini sangat terasa terutama saat pengguna mengambil foto selfie atau swafoto. 

6. Desain ciamik

Oppo A74 dirilis © 2021 brilio.netOppo Indonesia 

Kendati perangkat ini memboyong baterai berkapasitas besar, namun dari sisi desain smartphone ini punya bodi yang tipis ditambah lagi desain cover belakang yang stylish. Perangkat ini bobotnya hanya sekitar 175g dengan ketebalan 7,95 mm. Sangat nyaman digenggam. 

Selain itu desain tiga kamera dengan sudut bulat membulat yang ditata dalam formasi persegi panjang menjadikan tampilan perangkat terlihat lebih premium. Perangkat ini juga menampilkan warna kontemporer Prism Black yang memberikan warna hitam futuristik dan Midnight Blue berupa gradien warna biru es yang dibuat dengan proses OPPO dip dye.

7. Perangkat yang aman

Oppo A74 dirilis © 2021 brilio.netOppo Indonesia 

Faktor keamanan pengisian daya juga menjadi perhatian Oppo. Saat baterai perangkat ini hampir habis, fitur Super Power Saving Mode akan memaksimalkan sisa daya baterai dengan menurunkan frekuensi CPU, mengubah lampu latar, dan secara efektif menyesuaikan aplikasi perpesanan yang sudah dipilih.  Hanya dengan sisa baterai 5 persen, pengguna masih dapat melakukan pembicaraan selama 2,7 jam atau menggunakan WhatsApp selama 1,3 jam.

Nah saat malam, fitur Super Nighttime Standby akan menghemat daya perangkat. Dalam keadaan tidak diisi, ponsel hanya akan menghabiskan 2 persen daya baterai. Sementara AI Night Charge melindungi perangkat ini dari pengisian daya berlebih dan panas berlebih dengan membatasi pengisian daya hingga 80% dari kapasitas penuh.

Nah sebagai keamanan tambahan, perangkat ini juga memiliki fitur Charging Heat Control yang akan mengatur suhu dengan cara melakukan penyesuaian pada frekuensi CPU dan menggunakan tabung grafit saat terindikasi terjadi kenaikan suhu tinggi pada perangkat. Jadi nggak usah khawatir perangkat ini bakal overheat atau meledak.

Oppo A74 dirilis © 2021 brilio.net

Selain itu, perangkat ini juga memiliki fitur keamanan pribadi yang ada pada sistem operasi ColorOS 11.1. Fitur App Lock sangat berguna jika pengguna memiliki kebiasaan meminjamkan perangkat kepada teman atau keluarga.

Fitur ini akan melindungi data pribadi dan aplikasi tertentu dengan kode sandi. Fitur berikutnya, Private Safe yang memungkinkan pengguna menyimpan foto pribadi, video, dokumen dan lain sekaligus mencegah orang lain untuk mengaksesnya.

Apabila pengguna berada dalam keadaan darurat dan terancam, Oppo A74 memberikan bantuan berupa All-Scenario SOS. Dengan mengetuk tombol daya lima kali berturut-turut, pengguna dapat dengan cepat mengakses hotline untuk memanggil nomor layanan darurat.

8. Harga dan ketersediaan

Oppo A74 dirilis © 2021 brilio.net

Oppo A74 dijual dengan harga resmi Rp3.499 juta. Perangkat ini tersedia dalam dua warna Prism Black dan Midnight Blue. Perangkat ini akan dijual secara daring melalui OPPO Official Store yang terdapat pada situs e-dagang terkemuka di Indonesia atau aplikasi Oppo Store, maupun luring pada jaringan peritel modern dan toko-toko yang menjual smartphone OPPO di seluruh Indonesia. Konsumen dapat membeli Oppo A74 pada akhir April 2021.