Brilio.net - Sebagai orang tua, ayah juga turut andil dalam merawat, membesarkan, dan menjaga anak dari pagi hingga malam. Seperti halnya seorang ibu, figur ayah juga sangat berarti bagi kelangsungan hidup anak. Jika ibu hadir dengan penuh kelembutan, maka sosok ayah terlihat lebih keras dan pemberani.

Seorang anak secara langsung tentu akan menjadi cerminan dari ayahnya. Terlebih lagi jika buah hatinya seorang laki-laki. Kehadirannya memiliki peran penting sebagai teladan yang baik bagi putranya.

Namun, seorang ayah cenderung kaku untuk mengungkapkan pesan-pesan kepada anak laki-lakinya. Hal ini bisa jadi karena keduanya memiliki rasa gengsi yang cukup tinggi. Agar terkesan tidak kaku, sebagai ayah, kamu bisa mengungkapkannya melalui kata-kata bijak untuk anak laki-laki.

Lewat kata-kata bijak ayah untuk anak laki-laki ini kalian bisa lebih akrab. Sehingga, ke depannya ia bisa tumbuh menjadi jagoan di masa depan. Untuk referensi, berikut brilio.net telah merangkum tujuh puluh lima kata-kata bijak ayah untuk anak laki-lakinya dari berbagai sumber, Kamis (16/9).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kata-kata bijak ayah untuk anak laki-laki © berbagai sumber

foto: freepik.com

1. "Bagi ayah, kamu begitu berharga nak. Maka jadilah anak yang seperti ayah harapkan. Jadilah anak yang kelak bisa berguna bagi orang-orang di sekitarmu.”

2. "Mungkin kamu melupakan satu hal terpenting nak, ayah selalu di belakangmu. Jangan takut melangkah, jangan takut jatuh, karena ayah akan senantiasa menjaga dan melindungimu."

3. "Nak, maafkan ayah jika selama ini kurang memperhatikanmu. Ayah sebetulnya sangat memperhatikanmu, hanya saja caranya berbeda dari ibu."

4. "Anak lelaki harus bijak dalam bersikap. Bertanggung jawab dengan semua perbuatan yang telah dia lakukan. Karena seorang pria akan menjadi kepala keluarga."

5. "Anakku, kamu adalah anugerah terindah dari Tuhan yang selalu ku syukuri setiap hari."

6. "Satu kalimat yang perlu diingat seorang ayah adalah anak laki-lakinya pasti akan meneladani tindakannya, bukan nasihatnya."

7. "Ayah perlu menunjukkan ciri-ciri yang baik kepada anak lelakinya, sekaligus menjadikan dirinya sebagai teladan."

8. "Ketika kamu terlahir di dunia, betapa bersyukurnya aku atas semua karunia yang Allah berikan kepadaku. Selamat datang di dunia, jagoanku!"

9. "Ayah sebisa mungkin akan mengajarimu banyak hal. Sebagai sosok laki-laki yang kuat dan tangguh."

10. "Ayah mencintai jagoan kecil yang kelak akan menjadi penerang banyak orang. Sehat selalu anakku."

11. "Anakku, tertawamu adalah suara paling merdu yang pernah aku dengar.”

12. "Pangeran kecilku, terima kasih telah hadir dalam hidupku. Semoga hari-harimu selalu senang dan bahagia."

13. "Orang-orang mengatakan anak laki-laki adalah yang termanis, tapi mereka tidak menyadari kalau dia juga suka usil. Ayah bangga dengan semua yang kamu miliki."

14. "Cinta seorang ayah akan selalu tersembunyi di dalam hatinya dan senyumannya."

15. "Lelahmu hari ini lebih baik nak dari pada penyesalanmu di masa tuamu…berjuanglah selagi bisa."

16. "Terkadang, dalam bersedih, ayah lebih banyak diam karena memang tak pandai untuk menangis."

17. "Putraku tercinta, jadilah anak lelaki yang pantang menyerah, disiplin, sabar, dan tangguh."

18. "Aku hanya ingin membuatmu bangga, meski yang terjadi tak selalu bisa sama dengan apa yang aku harapkan."

19. "Jangan pernah kecewa, jangan pernah merasa gagal, karena Tuhan itu Maha Baik."

20. "Maafkan aku karena tidak bisa seperti ayah teman-temanmu, tapi aku berjanji untuk memberimu segala yang terbaik yang bisa aku berikan sebelum aku 'pergi'."

21. "Setiap orang punya masa lalu nak, jangan permasalahkan masa lalunya. Lihatlah bagaimana dia sekarang karena tak ada manusia sempurna."

22. "Masalah itu pasti ada. Di sini kamu menjadi belajar, bagaimana menyikapi dan menyelesaikan secara baik."

23. "Berdoalah untuk hari esok, tenangkan pikiranmu hari ini, semoga esok semua urusanmu lancar nak."

24. "Hati-hati akan adanya pujian, karena itu bisa membuat dirimu sombong."

25. "Si ganteng ayah, semoga kamu selalu bahagia setiap hari."

26. "Kamu tidak hanya anak ayah, tapi juga teman yang ayah sayang.”

27. "Putra ayah yang paling ganteng, semoga hari-harimu senantiasa membuatmu bahagia.”

28. "Waktu-waktu berlalu dan kamu selalu membuat ayah bahagia."

29. "Teruskan perjuangan ayah kelak nak. Ayah yakin kamu bisa jadi anak sholeh, jagoan di masa depan."

30. "Ayah bangga memiliki putra sepertimu. Kamu memiliki apa yang paling penting dimiliki seorang laki-laki, yaitu rasa tanggung jawab."

31. "Ketika kamu tumbuh, kamu tidak hanya menjadi anak ayah. Tapi juga menjadi teman dan sahabat ayah."

32. "Hari ini aku aku menjadi orang yang paling bahagia di dunia. Putraku telah lahir dan terima kasih atas karunia Tuhan yang indah ini."

33. "Kamu adalah anak kesayangan ayah, dan Ayah yakin kamu akan menjadi seperti yang ayah duga."

34. "Nak, jangan khawatir tentang masa depanmu kelak. Lakukan apa saja yang menurutmu baik, dan mintalah pertolongan pada yang Maha Pencipta."

35. "Kamu akan terus bertumbuh dan mengerti tentang kehidupan. Jadilah pria yang baik, dan jadilah pria yang bertanggung jawab dengan semua yang kamu lakukan."

Kata-kata bijak ayah untuk anak laki-laki, menyentuh hati.

Kata-kata bijak ayah untuk anak laki-laki © berbagai sumber

foto: freepik.com

36. "Nak, jalan yang panjang masih membentang di depanmu. Kamu pasti akan menemukan kesulitan-kesulitan yang tidak kamu sangka sebelumnya. Apa pun bentuk kesulitan itu, jangan menyerah. Bahkan badai yang sangat besar pun pasti akan berlalu, ayah yakin kamu pasti bisa melaluinya."

37. "Hidup memang tidak selalu seperti yang kita harapkan. Kadang ada kekalahan, kadang ada kemenangan. Kadang waktu berjalan begitu terlalu cepat, kadang waktu berjalan terasa sangat lama. Semua itu ada dalam hidup kita, dan kita tidak bisa menghindarinya. Yang harus kita lakukan adalah selalu mencoba melakukan yang terbaik. Apa pun hasilnya, asalkan kita menikmatinya, kita akan merasa bahagia."

38. "Jangan pernah khawatir dengan apa pun yang orang lain katakan. Kamu tidak bertanggung jawab dengan apa yang terjadi pada orang lain, kamu hanya bertanggung jawab untuk dirimu sendiri. Lakukan apa pun yang ingin kamu lakukan asalkan itu baik bagi dirimu dan orang di sekitarmu."

39. "Tidak peduli berapa pun umurmu, kamu selalu membutuhkan peran orang tua di hidupmu."

40. "Melihatmu tersenyum, bagaikan melihat berlian terbesar di dunia. Kamu adalah harta yang tak ternilai harganya dalam hidup kami."

41. "Orang tua selalu menyayangi anaknya melebihi dirinya sendiri."

42. "Ayah akan selalu menjadi pendukung nomor satumu, untuk itu tetaplah maju tanpa sedikit pun menoleh ke belakang."

43. "Ayah ingin memberi tahu bahwa kamu bertanggung jawab atas setiap pilihan yang kamu ambil. Maka bijaksanalah dalam mengambil setiap keputusan."

44. "Ayah selalu berpikir bahwa kamu adalah sebuah karunia yang Tuhan titipkan untuk keluarga ini, yang membuat ayah dan ibu bahagia."

45. "Anakku, jadilah pemberani. Jadilah sembrono, jadilah keajaiban, jadilah baik hati, jadilah petualang, Dan jadilah dirimu sendiri."

46. "Kamu adalah hadiah terindah yang Ayah syukuri setiap hari.”

47. "Kamu adalah anak paling pemberani yang pernah ayah tahu. Satu kegagalan bukanlah masalah, asalkan kamu bangkit dan membangun strategi baru, ayah yakin kamu bisa bisa melewatinya."

48. "Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan. Setiap kegagalan yang kamu dapat adalah anak tangga yang akan menuntunmu menuju anak tangga terakhir, yaitu keberhasilan. Kamu tidak akan pernah gagal hingga kamu menyatakan untuk menyerah."

49. "Nak, jangan pernah menyerah atas semua harapan dan keinginanmu. Selama kamu tetap yakin serta ayah dan ibu berada di sisimu, kamu bisa meraih apa pun yang kamu ingin capai."

50. "Jadilah seorang pria yang kuat seperti yang ayah tahu akan dirimu. Menangis bukanlah sesuatu yang memalukan, menangis bukanlah sesuatu yang membuatmu lemah."

51. "Lepaskan semua beban yang ada padamu, dan jadikan dirimu lebih kuat dari sebelumnya. Ayah akan berada di sampingmu dan terus mendukungmu maju."

52. "Era sekarang dan dulu jelas berbeda. Sekarang kamu bisa belajar hanya lewat HP, laptop atau tablet. Manfaatkan semua itu untuk kebaikanmu di masa depan. Belajarlah dengan gigih dan raihlah kemakmuran untuk masa depanmu sendiri."

53. "Apa pun yang kamu lakukan akan ayah dukung. Satu hal terpenting yang perlu kamu ingat adalah jangan berhenti di tengah jalan. Jika kamu sudah memilih sendiri jalanmu, maka teruslah berjalan hingga garis finish."

54. "Ayah tidak mengharapkan apa-apa darimu. Kamu memiliki sesuatu yang harus ditanggung sendiri serta dimasa mendatang kamu akan memiliki keluarga untuk dinafkahi."

55. "Pesan dari ayah adalah bertanggung jawablah atas semua yang kamu lakukan. Apa pun itu, sebagai pria sejati akan selalu bertanggung jawab terlepas dari apa yang telah dilakukannya."

56. "Anak lelaki harus bijak dalam bersikap. Bertanggung jawab dengan semua perbuatan yang telah dia lakukan. Karena seorang pria akan menjadi kepala keluarga."

57. "Putraku tercinta, jadilah anak laki-laki yang pantang menyerah, gigih dalam melakukan usaha dan jangan berhenti sampai kamu mendapatkannya."

58. "Seorang pria sejati tidak dilihat dari wajahnya yang tampan dan bersih. Namun dia dilihat dari tabahnya dalam menghadapi lika-likunya jalan kehidupan."

59. "Sebuah nasihat ayah adalah wujud kepeduliannya kepada kita anaknya."

60. "Bagaimanapun engkau kelak jadi apa, kau tetaplah anakku!"

61. "Tak ada yang kekal di dunia ini nak, termasuk juga masalahmu nak. Bersabarlah, semua akan indah pada waktunya."

62. "Ayah memang beda dari seorang ibu, namun ayah dan ibu selalu berusaha menjagamu."

63. "Kita boleh berharap, tapi tidak bermimpi kosong, cobalah untuk menjadikannya nyata nak, walau tidak sempurna."

64. "Cinta seorang ayah memang tak terlihat, karena memang ayah tak pandai menunjukkannya."

65. "Ayah mengajarkan tentang pengorbanan, ibu mengajarkan tentang ketulusan."

66. "Air mata ayah, hanya ada di dalam hatinya."

67. "Hidup ini terlalu berat untuk mengandalkan diri sendiri tanpa melibatkan bantuan Tuhan dan orang."

68. "Saat jalan yang dilalui kian berliku, maka beristirahatlah sebentar. Tenangkan pikiran dan temukan jalan keluarnya."

69. "Belajarlah sungguh-sungguh, dengan itu kamu akan mendapatkan apa yang kau inginkan."

70. "Laki-laki sejati tak akan membiarkan air mata ibunya menetes sekecil apa pun."

71. "Kamu harus tumbuh menjadi anak yang percaya diri. Teruslah bahagia dengan mencintai dan menerima dirimu apa adanya."

72. "Senakal-nakalnya laki-laki, dia akan memilih perempuan baik-baik untuk menjadi ibu bagi anak-anaknya."

73. "Nak, ingatlah dalam kehidupan ini selalu ada suatu hal yang dipilih. Memilih yang baik itu penting, bukan karena kebaikan akan datang sendiri. Tapi dengan memilih yang baik, kamu akan mendapat yang baik."

74. "Menjadi 'pria baik' adalah sesuatu yang kamu lakukan, bukan sesuatu tentang dirimu."

75. "Ayah berpesan nak, anak laki-laki punya hati damai yang bisa menerima kejadian buruk dengan lega serta lapang dada."

(brl/red)