Brilio.net - Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 kembali digelar untuk ketiga kalinya pada Rabu (21/4) siang. Diselenggarakan oleh Liputan6.com, acara ini mengapresiasi perempuan Indonesia yang telah berkontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat hingga berdampak memajukan bangsa Indonesia.

Setelah disepakati bersama, bentuk apresiasi dari acara ini diberi nama aksi Perempuan Hebat Indonesia. Bukan tanpa alasan, mereka yang terpilih benar-benar melakukan aksi dengan memberikan contoh, semangat, sekaligus inspirasi kepada seluruh perempuan Indonesia.

Tim juri yang diketuai Pemred Liputan6.com Irna Gustiawati, menjelaskan latar belakang sekaligus alasan terpilihnya nama-nama penerima Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021.

"Perjuangan serta aksi nyata Perempuan Hebat Indonesia yang terpilih ini sangat sesuai dengan pemikiran dan gagasan Kartini yang tak lekang dimakan zaman," kata Irna.

Irna juga menambahkan pemikiran, gagasan, dan perjuangan Kartini akan selalu relevan dan masih menjadi PR kita semua karena isu-isu yang diangkatnya dahulu masih bisa ditemukan hingga kini.

Loading...

"Kita lihat saja masih banyaknya perempuan yang menjadi korban sikap feodal seperti isu pernikahan anak, isu pengakuan untuk pekerja rumah tangga sebagai golongan pekerja, kekerasan dalam rumah tangga, dan yang tak kalah menakutkan adalah perempuan yang menjadi korban human trafficking (perdagangan manusia)," imbuhnya.

pemenang  Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 © 2021 Liputan6.com

foto: Liputan6.com

Sosok Kartini tak henti membuat orang kagum hingga kini. Nasionalisme serta intelektualitas Kartini diakui kaum pergerakan selama masa penjajahan Belanda, tepatnya pada periode awal Kebangkitan Nasional.

Salah satu Pahlawan Nasional, Tjipto Mangoenkoesumo, mengagumi kedalaman pikiran Kartini yang memiliki kesamaan dan semangat sama seperti dirinya, yaitu untuk bebas dari penjajahan dan feodalisme.

Selain itu, sastrawan besar Pramoedya Ananta Toer juga mengagumi intelektualitas Kartini dan sikap egaliternya. Sampai-sampai, Pramoedya membuat buku "Panggil Aku Kartini Saja", yang menyiratkan Kartini selama ini meminta namanya tak ditambahi embel-embel ningratnya, Raden Ajeng.

Terlepas dari hal itu, untuk menentukan enam Perempuan pemenang Hebat Indonesia 2021, tim juri telah melakukan audiensi dengan berbagai kalangan. Mulai dari organisasi keperempuanan, sukarelawan, kementerian, hingga akademisi.

Di tengah kondisi bangsa yang sedang berjuang melawan Covid-19, para Perempuan Hebat ini tidak berhenti untuk berkarya dan berjuang bagi masyarakat dan lingkungannya.

Setelah melakukan proses audiensi, akhirnya terpilih enam Perempuan Hebat Indonesia 2021. Mereka adalah:

  1. Erni Suyanti Musabiine – Pegiat Konservasi Harimau Sumatra
  2. Yustitia Arief – Pegiat Kesetaraan untuk Disabilitas
  3. dr. RA Adaninggar, SpPD – Pegiat Edukasi Lawan Hoaks Covid-19
  4. Suci Apriani – Pegiat Edukasi Cegah Pernikahan Dini
  5. Lidya Angelina – Pegiat UMKM dan Ekonomi Kreatif
  6. dr. Ariani – Pegiat Plasma Konvalesen untuk Lawan Covid-19

pemenang  Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 © 2021 Liputan6.comfoto: Liputan6.com

Masih dalam acara yang sama, tim juri juga memberikan penghargaan khusus untuk sosok-sosok inspiratif yang sudah tidak diragukan lagi kerja, karya dan prestasinya. Penghargaan khusus diberikan untuk sosok-sosok berikut ini:

  1. Retno Marsudi, Tokoh Perempuan Inspiratif
  2. Sri Mulyani Indrawati, Tokoh Perempuan Inspiratif
  3. I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Tokoh Perempuan Inspiratif
  4. Handayani, Tokoh Perempuan Inspiratif
  5. Hasto Wardoyo, Tokoh Indonesia Bebas Stunting

Selain Perempuan Hebat dan sosok-sosok inspiratif, keterlibatan swasta dalam membantu penanggulangan Covid-19 di Indonesia juga memiliki peran yang besar. Pihak-pihak yang sudah memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan bangsa Indonesia ini patut mendapatkan apresiasi.

Penghargaan untuk perusahaan yang peduli terhadap masyarakat di tengah pandemi Covid-19, diberikan kepada:

  1. OPPO, Brand Peduli Indonesia.
  2. KPR BRI, Brand Penyedia Solusi di Tengah Pandemi.

Liputan6.com selaku penyelenggara, berharap apresiasi di acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 dapat memberikan dampak positif bagi penerima dan masyarakat. Serta menjadi penyemangat untuk kita selalu berkarya meskipun masih menghadapi pandemi Corona.

"Akhir kata, selamat untuk para penerima penghargaan. Mari kita semua berdoa semoga bangsa Indonesia selalu dikuatkan dan segera terlepas dari pandemi Covid-19," ujar Irna Gustiawati.