Brilio.net - Setiap manusia tak luput dari kekhilafan, sehingga pasti pernah berbuat dosa dari yang disengaja maupun tidak disengaja. Ketika seseorang penuh dengan dosa, biasanya hati juga tidak akan tenang. Bayang-bayang akan siksa api neraka cukup membuat manusia takut dan jera. Untuk itu ketika seseorang melakukan dosa, hendaknya segera memohon ampun atau bertaubat pada Allah. Dan tentu saja berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat bagi seseorang memohon ampun sebanyak-banyaknya kepada Allah karena salah satu keutamaan bulan Ramadhan yakni sebagai bulan pengampunan dosa atau bulan penuh ampunan.

Bulan Ramadhan adalah waktu yang baik untuk mengambil kesempatan bertaubat. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

"Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi." (HR Muslim)

Untuk memohon ampunan kepada Allah, seseorang dianjurkan membaca bacaan istighfar setiap hari, terutama di bulan suci Ramadhan. Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Thabrani, bahwa Rasulullah bersabda:

Loading...

"Tidak pernah di waktu pagi saya melewati, kecuali saya membaca istighfar 100 kali".

Rasulullah shalallahualaihi wassalam pernah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Baihaqi:

"Umatku telah dikaruniai lima perkara, yang tidak (belum) pernah diberikan kepada umat sebelumnya. Pertama, jika datang malam pertama dari bulan Ramadhan, Allah memandang mereka dengan penuh rahmah (kasih). Dan barangsiapa yang dipandang dengan penuh rahmah (kasih) tentu tidak akan disiksa (di akhirat kelak)."

"Kedua, Allah menugaskan beristighfar bagi umatku. Ketiga, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau kasturi. Keempat, Allah berfirman kepada surga, Hiaslah dirimu! Dan firman selanjutnya, Sungguh beruntung hamba-hamba-Ku yang beriman, mereka adalah kekasih-Ku. Kelima, Allah mengampuni mereka semua."

Manfaat perbanyak istighfar di bulan Ramadhan.

Manfaat perbanyak istighfar di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selain dosa-dosa kita akan diampuni, memperbanyak istighfar di bulan Ramadhan, terutama ketika puasa maka akan mendapat banyak manfaat apabila membacanya dengan ikhlas karena Allah dan serta bersungguh-sungguh memohon ampunan. Berikut manfaat memperbanyak istighfar di bulan Ramadhan.

1. Memberi jalan keluar untuk setiap kesedihan.

Manfaat istighfar yang pertama adalah Allah akan memberikan jalan keluar untuk setiap kesedihan yang dialami. Istighfar merupakan bentuk tobat yang dilakukan atas kekhilafannya. Selain itu, dengan membaca istighfar, hati kita menjadi lebih tentram terutama ketika sedang banyak masalah. Dalam Alquran surat Hud ayat 3, Allah berfirman:

Manfaat perbanyak istighfar di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

"Wa anistagfiru rabbakum summa tubuu ilaihi yumatti'kum mataa'an hasanan ilaa ajalim musamman wa yu`ti kulla zii fadlin fadlah, wa in tawallau fa innii akhaafu 'alaikum 'azaaba yauming kabiir."

Artinya:

"Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat."

2. Mengubah kesempitan jadi kelapangan.

Manfaat kedua, Allah akan mengganti kesempitan menjadi kelapangan apabila hamba-Nya mau beristighfar. Allah akan makin dekat dengan yang mau bertobat dan memohon ampun pada-Nya. Karena itu Allah akan semakin memberikan kelapangan hidup untuknya. Allah berfirman dalam surat Al Furqan ayat 70 yang berbunyi sebagai berikut:

Manfaat perbanyak istighfar di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

"Illaa man taaba wa aamana wa 'amila 'amalan saalihan fa ulaa`ika yubaddilullaahu sayyi`aatihim hasanaat, wa kaanallaahu gafurar rahiimaa."

Artinya:

"Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

3. Mendatangkan rezeki dari arah tak terduga.

Memperbanyak istighfar saat bulan Ramadhan akan membuat rezeki datang dari arah yang tak disangka-sangka. Itulah janji Allah yang akan menentramkan hati orang yang gemar beristighfar pada-Nya.

Memang bagi akal pikiran manusia, hal tersebut hampir mustahil. Namun bagi Allah, akal manusia sangatlah terbatas sedangkan kehendak Allah tiada batas. Seperti dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa memperbanyak istighfar (mohon ampun kepada Allah), niscaya Allah memberikan jalan keluar untuk setiap kesedihannya, dan untuk setiap kesempitannya diberi kelapangan, dan Allah akan memberinya rezeki (yang halal) dari arah yang tiada disangka-sangka.” (HR. Abu Dawud)

Macam-macam bacaan istighfar.

Manfaat perbanyak istighfar di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Umat muslim dapat membaca bacaan istighfar untuk diamalkan tiap hari. Adapun bacaan istighfar tersebut adalah sebagai berikut:

1. 

Manfaat perbanyak istighfar di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

"Astaghfirullah al adzim."

Artinya:

"Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung."

2.

Manfaat perbanyak istighfar di bulan Ramadhan © 2021 brilio.net

"Astaghfirullahal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih."

Artinya:

"Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya."