Brilio.net - Pernahkah kamu melihat bayangan berbentuk seperti cacing tak beraturan yang melayang ketika melihat cahaya terang seperti langit. Bayangan ini terkadang muncul di depan mata, tapi tiba-tiba benda itu bisa hilang begitu saja. Warna bayangan tersebut kebanyakan berwarna hitam dan/atau transparan.

Mungkin beberapa orang pernah merasakan kejadian tersebut, namun tidak begitu menghiraukan sebab tidak tahu apa sebenarnya benda itu. Bagi yang selama ini mencari jawaban atas 'misteri' benda mengambang di langit tersebut, mungkin artikel ini bisa membantu menjawab rasa penasaran kamu.

Melansir dari TikTok @shahiracica, Selasa (14/9), benda hitam yang mengapung saat kamu melihat langit cerah itu disebut 'floaters'. Seperti yang dikutip dari laman nei.nih.gov, floaters adalah benda hitam kecil yang mengapung di penglihatan manusia. Mereka bisa terlihat seperti bintik, benang, garis berlekuk, atau jaring laba-laba.

@shahiracica

saya sendiri pun ada floaters ni ##optometrist ##fyp

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI
Cheating on You - Charlie Puth

Mungkin banyak orang yang tidak memperdulikan benda terapung ini karena bisa hilang dengan sendirinya. Namun ada beberapa situasi di mana floaters tersebut bisa jadi masalah serius. Shahira yang merupakan optometris menjelaskan floaters ini bisa jadi tanda-tanda kesehatan mata.

"floater ini kalau tiba-tiba menjadi banyak dan kalian melihat seperti kilatan, dia bisa jadi tanda kesehatan mata yang lebih serius," terangnya.

Dalam video berbeda, Shahira juga menjelaskan lebih jelas terkait floaters terhadap kesehatan mata. Ia mengatakan benda terapung itu merupakan gel yang menggumpal pada bola mata atau vitreous. Menggumpalnya gel tersebut disebabkan oleh faktor penuaan. Sehingga apa yang dilihat sebagai bayangan hitam itu sebenarnya adalah gel yang menggumpal.

@shahiracica

Reply to @shahiracica

Pieces (Solo Piano Version) - Danilo Stankovic

"floaters juga terjadi bila ada peradangan dalam bola mata kita, contohnya uveitis," katanya lebih lanjut.

"orang yang rabun jauh memiliki bola mata yang sedikit besar dan dia ada risiko yang tinggi untuk mendapat floaters," jelas Shahira.

Shahira menambahkan bahwa floaters dalam kondisi yang normal tidak berbahaya. Hanya saja bila tiba-tiba floaters tersebut semakin banyak dan terlihat kilatan itu berarti retina pada mata telah robek dan tertarik semakin besar.

Tidak perlu perawatan khusus untuk menghilangkan floaters, karena ia akan hilang dengan sendirinya. Namun jika floaters terjadi terlalu sering dan semakin banyak, segera periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Hingga video ini diunggah sejak Sabtu (11/9), lebih dari 2 ribu tanggapan memenuhi kolom komentar postingan tersebut. Banyak warganet yang puas karena telah mendapatkan jawaban dari benda yang selama ini mereka lihat.

"Akhirnya aku menemukan jawabannya setelah 23 tahun hidup di dunia," tulis LYmin.

"Penjelasan yang bagus. Aku selalu mengalaminya. Banyak orang yang menertawakanku ketika aku bilang ada benda mengambang dan tidak bisa berhenti bergerak," balas Rema Malini.

"masa kecil dulu aku pikir bisa melihat kuman," kata Masha.

"Ya Allah baru pertama kali ada orang yang cerita ini. Kirain cuma aku doang yang lihat bayangan ini," timpal Natasyya.

(brl/far)