Brilio.net - Mungkin bagi sebagian orang kamar mandi hanyalah tempat untuk mandi, cuci, dan kakus alias MCK. Sehingga biasanya desain kamar mandi terlalu simpel dan apa adanya. Tapi saat ini nggak sedikit juga orang beranggapan desain kamar mandi harus keren, estetik, dan antimainstream.

Ada yang menambahkan beberapa sentuhan seperti lilin aroma, stiker, tanaman gantung, bahkan ada yang menambahkan akuarium! Seperti yang dilakukan oleh pria yang satu ini. Khoirul Miradz dalam unggahan TikTok-nya, membagikan pengalamannya ketika renovasi kamar mandi sempit menjadi estetik.

"Kamar mandi ukuran 1,5x1,4 m bisa aesthethic ga?" tulisnya dalam video, dikutip dari TikTok @khoirulmiradz pada Jumat (17/9).

kamar mandi estetik © 2021 TikTok

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: TikTok/@khoirulmiradz

Sebelum direnovasi kamar mandi tersebut tampak sempit, hanya ada bak mandi, gantungan handuk, dan toilet duduk di dalamnya. Interior juga tampak seperti kamar mandi pada umumnya. Siapa sangka dari kamar mandi kecil, bisa diubah menjadi kamar mandi dengan desain elegan dan ciamik.

Proses renovasi dimulai dengan membongkar bagian depan kamar mandi. Kemudian ia membangun sekat dari batu bata, yang nantinya akan membatasi antara WC dan shower. Pada bagian dinding, sang pemilik menggunakan keramik bermotif kayu. Siap-siap, karena hasilnya benar-benar bikin melongo.

kamar mandi estetik © 2021 TikTok

foto: TikTok/@khoirulmiradz

Desain kamar mandi tersebut berubah menjadi minimalis dengan nuansa coklat, putih, dan hitam. Yang tak kalah mencuri perhatian adalah akuarium yang terpasang sebagai penyekat antara WC dan shower.

Karena luasnya yang tak seberapa, pemilik memasang wastafel di atas wc duduk. Selain itu ia tidak melupakan detail kecil seperti kaca, tempat gulungan tisu, dan frame. Kamar mandi ini semakin elegan tatkala pintu plastik diganti menggunakan pintu kaca.

kamar mandi estetik © 2021 TikTok

foto: TikTok/@khoirulmiradz

Sekilas kamar mandi tersebut tampak meluas usai direnovasi, Kecurigaan itu juga dirasakan oleh warganet yang menyaksikan video ini. Namun pikiran itu terbantahkan setelah sang pemilik mengukurnya menggunakan meteran digital.

"Kita ukur pakai meteran digital dari titik ini ke titik sebelah sana, lebarnya 1,28 meter. Kemudian dari titik pintu ke titik shower, lebarnya 1,53 meter. Bahkan luas keseluruhan nggak sampai 3 meter," katanya.

kamar mandi estetik © 2021 TikTok

foto: TikTok/@khoirulmiradz

Khoirul juga memperlihatkan bagaimana ia merawat ikan yang ada di dalam akuarium. Untuk melakukan semua itu Khoirul memanggil jasa untuk scaping dan gardening selama 6 bulan sekali.

"ini adalah proses re-scaping yang kita lakuin enam bulan sekali untuk mengubah tampilan untuk mempercantik lagi akuariumnya," katanya.

kamar mandi estetik © 2021 TikTok

foto: TikTok/@khoirulmiradz

Sejak video renovasi kamar mandi diposting pada Rabu (8/9), sudah ditonton 2,4 juta kali. Beragam komentar juga diberikan oleh warganet.

"pup gak bawa hp gak masalah bisa liat ikan," tulis kiki.

"semua bisa estetik asal ada modalnya," komentar syifanrlfajrin.

"ini mah mandi sambil nonton ikan sambil diajak ngomong," kata RoseBlueChloe.

"kamar mandi biasa aja gua betah lama, apa lagi ini bisa tidur di situ wkwkwk," timpal katawidiya.

@khoirulmiradz

Adeemmmm ##dekorasi ##kamarmandiminimalis ##renovasikamarmandi ##renovasi ##dekorkamar

It's Only Me - Studio Version - Kaleb J

(brl/lea)